SOAL dan JAWABAN UTS WORKSOP PENDIDIKAN

by 19.00 0 komentar


UJIAN TENGAH SEMESTER
MATA KULIAH                   : WORKSHOP PENDIDIKAN KIMIA
DOSEN                                  : Dr. Syamsurizal, M.Si
KELAS                                   : KIMIA REGULER, PGMIPA-U DAN REGULER MANDIRI
HARI/TANGGAL     : Rabu, 22 Maret 2017
WAKTU                     : 15.00 – 17.30 WIB

Petunjuk :
1.      Anda diizinkan melihat buku atau akses internet TETAPI ANDA DILARANG MENCONTEK JAWABAN TEMAN ANDA. Bila terbukti diketahui maka akan dinyatakan GAGAL dalam matakuliah ini.
2.      Prioritaskan menjawab soal dengan bobot tertinggi.
SOAL :
1.      Berfikir tingkat tinggi didalam pembelajaran kimia salah satunya dengan menyusun suatu peta konsep.
a.       Buatlah peta konsep tentang hidrokarbon hubungkanlah antar konsep sekurang-kurangnnya ada 15 konsep terkait. (Total Bobot 15)
b.      Deskripsikan pemahaman saudara secara sistematis sekurang-kurangnya antar 5 konsep terkait temukan keterkaitan antarkonsep. (Total Bobot 10)

2.      Salah satu munculnya Miskonsepsi dalam pembelajaran kimia adalah hilangnya aspekmikroskopik selama seseorang mempelajarai kosep kimia. Kemukakan gagasan anda bagaimana anda dapat menjelaskan suatu konsep kimia (berikan contohnya) mulailah berturut-turut dari aspek makroskopik, mikroskopik dan simbolik, tandai ketiga aspek tersebut dalam penjelasan anda. (Total Bobot 25)

3.      Banyak kendala yang dihadapi baik guru maupun siswa dalam implementasi K-13 pada jenjang SMP dan SMA pada pembelajaran kimia.
a.      Kemukakan sekurang-kurangnya tiga faktor utama penyebab timbulnya hambatan implementasi K-13 dalam pembelajaran kimia berikan contohnya. (Bobot 10)
b.      Buatlah peta konsep mata rantai hambatan-hambatan dalam implementasi K-13 pada pembelajaran kimia. (Bobot 20)

4.      Berdasarkan survey yang telah anda lakukan atau pengetahuan anda pada beberapa sekolah di Jambi, tentang penerapan sistem penilaian autentik dalam pembelajaran kimia.
a.       Jelaskan sekurang-kurangnya tiga manfaat penilaian autentik bagi siswa (Bobot 10)
b.      Jelaskan bagaimana anda dapat menerapkan penilaian autentik pada praktikum kimia. (Bobot 10)
SEMOGA ANDA BERHASIL !!!
Jawaban
1.      a)
b) hidrokarbon terbentuk dari atom C dan H
    semakin panjang rantai karbon maka titik didihnya tinggi
    hidrokarbon apabila dibakar maka akan terbentuk gas CO2 dan H2O
    semakin panjang rantai karbon maka temaksuk larutan polar
   alkane merupakan hidrokarbon dengan ikatan Cnya satu.
2.      Contoh materi : asam basa
Ø  Pada aspek makroskopi berbentuk tes uraian berupa penyimpulan hasil pengamatan sifat larutan asam-basa yang ditunjukkan dengan perubahan warna indicator pada titrasi asam-basa pengamatan sifat larutan dilakukan sebelum titik ekuivalen, pada titik ekuivalen dan setelah titik ekuivalen.
Ø  Aspek simbolis berbentuk uraian berupa penulisan persamaan reaksi netralisasi dan menghitung PH larutan dari titrasi asam-basa sebelum titik ekuivalen, pada titik ekuivalen dan setelah titik ekuivalen.
Ø  Aspek mikroskopi berupa gambaran mikroskopik titrasi asam-basa berdasarkan konsep asam-basa Arrhenius dan bronstad-lowry sebelum titik ekuivalen, pada titik ekuivalen dan setelah titik ekuivalen.
3.      A. faktor utama penyebab timbulnya hambatan implementasi K-13 dalam pembelajaran kimia yaitu :
1)      PERUBAHAN PROSES PEMBELAJARAN DARI TEACHER CENTER KE STUDENT CENTER
Contoh : masih banyaknya guru mengajar dengan model ceramah dan masih banyak siswa mendapatkan materi menunggu dijelaskan oleh guru.
2)      SUMBER BELAJAR SISWA
Contoh : kurangnya sumber belajar diperpustakaan atau yang dimiliki siswa sehingga siswa susah untuk belajar mandiri
3)      SARANA DAN PRASARANA
Contoh : kurangnya sarana dan prasarana seperti proyektor infocus karena itu tidak ada, guru terpaksa mengajar dengan model ceramah.
            B.
4.      a) manfaat penilaian autentik bagi siswa, yaitu :
1)      siswa berperan aktif dalam proses penilaian
contoh : disini siswa dapat mengetahui nilai akhirnya atau nilai dilapor karena apabila dia tidak aktif dikelas saat pembelajaran dan tidak uat masalah pastinya nilainya sudah diatas KKM.
2)      Peserta didik dapat melakukan aktivitas belajar lebih baik ketika mereka tahu akan dinilai.
3)      Siswa bisa merefleksikan dan mengevaluasi kinerja mereka sendiri untuk meningkatkan pemahaman yang lebih dalam tentang tujuan pembelajaran serta mendorong kemampuan belajar yang lebih tinggi.
b)  pada pratikum kimia dapat diterapkan penilaian autentik, yaitu penilaian unjuk kerja. Maksud dari penilaian unjuk kerja yaitu penilaian dengan mengamati kerja siswa dalam melakukan praktikum.
Misalnya : pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.
Guru menilai bagaimana siswa memakai alat saat percobaan, bagaiman ketelitian siswa. Agar lebih jelas lihat ubrik penilaian dibawah :
no
Aspek yang diamati
Skor kelompok
1
2
3
4
5
1
Persiapan. Bagaimana kesesuain alat dan bahan siswa untuk melakukan percobaan





2
Kegiatan percobaan. Bagaimana ketepatan siswa dalam melakukan percobaan dan pengamatan.





3
Kegiatan akhir. Bagaimana hasil percobaan dan pengamatan yang telah dilakukan siswa.






0 komentar:

Posting Komentar